Langsung ke konten utama

DAMPAK BERMAIN GAME ONLINE


DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF BERMAIN GAME ONLINE


Tidak asing bukan mendengar kata-kata “Game Online” ?. Game online atau yang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan dengan Permainan Online. Hampir semua kalangan meggandrungi permainan tersebut. Game online yang sedang booming adalah Mobile Legends:Bang Bang. Game online ini sangat sangat popular di Indonesia dan di dunia. Ada lagi istilah “Mabar” atau mengajak untuk main bareng Mobile Legends pasti sering kamu temukan baik dengan teman sekolah atau teman kerja.

Permainan Online atau Game Online sangat mudah di unduh di Handphone melalui playstore atau appstore pada iphone atau android kalian masing-masing atau bisa lewat situs web online dari permainan online tersebut. Namanya juga permainan online, ya pasti menggunakan internet untuk terhubung dengan jaringan game online. Virus game online menyebar diberbagai kalangan, mulai dari anak SD hingga orang dewasa. Virus ini yang menyebabkan tidak bermain game online sehari itu gak afdol. 

Pengertian Game Online sebenarnya adalah sebuah jenis video permainan yang hanya dapat dijalankan apabila suatu perangkat yang digunakan untuk bermain game terhubung dengan jaringan internet. Jadi, apabila seseorang yang ingin bermain game online maka perangkat yang ia miliki itu harus terhubung internet. Kalau tidak, maka besar kemungkinan game online itu tak dapat dimainkan.
Game Online biasanya memungkinkan suatu pemain (player) game untuk saling terhubung dengan pemain lain. Sehingga hal itu juga memungkian ia dengan pemain lain saling berkontak, baik dalam bentuk permainan (seperti; pukul-memukul, tembak-menembak) ataupun berkirim pesan. Hal ini memang mirip seperti layanan jejaring sosial media.Ternyata terdapat dampak positif dan negatif dari pemainan online.

Dampak Positif
  1. Menambah teman baru. Game online adalah jenis pemainan popular di dunia yang memungkinkan keterhubungan pertemanan yang luas. Dengan mempunyai minat pada hobi yang sama membuat pertemanan baru dapat dengan mudah terjalin walaupun secara maya
  2.  Berlajar membuat strategi. Dengan bermain game online kita dilatih untuk berpikir untuk menang atau naik level dengan cepat, hal ini yang membuat strategi itu diperlukan. Belajar membuat strategi juga dapat diterapkan dalam kehidupan nyata dan dihal lain seperti strategi belajar pada saat ujian. Belajar membuat strategijuga meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan pencapaian tujuan dengan target.
  3.  Mengurangi Stres. Stres diakibatkan karena beban pikiran atau tekanan pada tugas ataupun pekerjaan yang bisa dialami oleh remaja maupun orang dewasa. Stres dapat di release atau dialihkan salah satunya dengan bermain game online, sesuai dengan hobi, yang dapat melupakan sejenak beban dipikiran. 
  4.  Meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Aplikasi game online memang diciptakan di luar negeri dan tentunya menggunakan bahasa asing, terkhusus bahasa internasional, bahasa inggris. Ada beberapa istilah di dalam aplikasi game online menggunakan bahasa asing. Ada beberapa aplikasi game online tertentu yang hanya menggunakan bahasa inggris dalam pengaturan, serta tulisan dalam cara permainanya yang akan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris sejalan dengan waktu.
  5.  Sebagai mata pencarian. Di luar negri, khususnya di Negara-negara maju seperti Amerika serikat, dan di Inggris, banyak yang menggunakan hobinya bermain game online sebagai sumber pekerjaan. Di luar negri banyak diadakan tournament / lomba dengan menjajikan hadiah yang besar dan bernilai berupa uang. Hal ini yang dijadikan peluang untuk mencari uang sambil menekuni hobi.

Dampak Negatif
  1. Membuat kecanduan game online. Bermain game online secara berlebihan juga tidak baik, karena bisa menyebabkan kecanduan. Kecanduan ini adalah hal yang berbahaya karena  akan berakibat pada buruknya dalam manajemen waktu atau pembagian waktu, lupa dengan dunia nyata dan asik dengan dunia barunya.
  2.  Menjadi buruk dalam manajemen waktu. Ketika sedang asik dalam bermain game online, seseorang akan menjadi lupa dengan aktivitas yang harusnya dilakukan. Lupa makan, lupa mengerjakan tugas, lupa beribadah, dan yang membuatnya tidak tau aturan dan tidak ada toleransi jam dalam bermain.
  3.  Radiasi dari layar gadget. Menatap layar gadget terlalu lama, berjam-jam, hampir setiap hari, tidak baik bagi kesehatan mata. Mata menjadi kering dan merah. Menurut penelitian, radiasi dari layar gadget dan juga internet bisa mengakibatkan pusing atau sakit kepala berkepanjangan sampai kanker.
  4.  Berkurangnya sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Jika sudah asik bermain game online, lupa semua hal yang perlu dilakukan. Sebagian besar waktu tersita hanya untuk bermain game online selama berjam-jam sehingga tidak memiliki waktu untuk mengobrol, bertegur sapa dengan orang di sekelilingnya.
  5.  Kurang tidur/ begadang. Para pecinta game online menganggap bermain game online menjadi sangat penting melebihi segala-galanya yang membuat waktu tidur pun dipakai untuk bermain game online. Orang yang kekurangan jam  tidur cenderung kurang fokus saat berbicara dengan orang lain, susah menerima informasi baru, susah belajar,kurang konsentrasi,  terlihat lelah saat beraktivitas, dan dapat mengganggu kesehatan.
SEKIAN SEMOGA BERMANFAAT!!

Sources:
http://www.gudangkesehatan.com/dampak-positif-dan-negatif-dari-bermain-game-online/
http://blog.dimensidata.com/inilah-dampak-positif-dan-negatif-bermain-game/

Image Source:
https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjSgb3roIzbAhXKr48KHbNyAhkQjRx6BAgBEAU&url=https%3A%2F%2Fhellosehat.com%2Fhidup-sehat%2Fpsikologi%2Fkecanduan-game-online%2F&psig=AOvVaw3S8Qv8HbGeJtcieLvhnkLc&ust=1526629668024248

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ONLINE DATING / KENCAN ONLINE

ONLINE DATING Berteman dengan orang asing di media sosial adalah hal yang biasa. Tapi menemukan lebih dari “sekedar teman” atau mungkin jodoh adalah hal yang luar biasa. Aplikasi pertemanan seperti facebook, Friendster, wechat, dll, memungkinkan kita berteman dengan banyak orang secara maya. Terdapat banyak kisah nyata dibalik bertemu jodoh di media sosial, dan bahkan sampai menikah. Di kalangan pengguna media sosial, tidak jarang penasaran dengan “sosok” orang atau akun yang dijadikan teman chat, yang membuat mereka ingin bertemu secara langsung. Tapi, kita tahu bahwa tidak semua orang bisa dipercaya, dan semua foto atau identitas yang dipasang itu adalah real.  Menurut penelitian,pengguan aplikasi kencan online di Amerika menunjukkan 40% dari populasi orang Amerika menggunakan aplikasi tersebut, lebih dari separuh penggunanya didominasi oleh laki-laki dan biasanya pengguna perempuan lebih memilih untuk mencari parter yang serius daripada partner hanya untuk main-main.

Soft Skill Adalah...

Apa itu Soft skill? Soft skill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Soft skill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya. Namun , soft skill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal. Untuk memperolehnya Anda tidak serta merta harus mengikuti sebuah kelas pelatihan, tetapi melalui pengalaman disekolah, pengalaman hidup dan masa lalu, atau pengalaman dalam dunia kerja yang tengah dilakoni. Tentunya, softskill memiliki fungsi, yaitu: ·          Pembentukan Karakter Pribadi Seseorang. ·          Pelengkap Ilmu Hardskills. ·          Pembuka Wawasan Secara Meluas. ·          Sebagai Peningkat Daya Kritik. Contoh softskill diantarnya adalah: communication skills seseorang dengan komunikasi yang baik mempunyai kemampuan dalam mengolah informasi baik lisan maupun tulisan secara akurat. Selain itu, mereka dengan keterampil

Cyber Cheating & Cyber Flirting

Cyber Cheating & Cyber Flirting Apa sih Cyber ​​Cheating itu??? Cyber ​​Cheating adalah sebuah akivitas dimana seseorang ikut serta dalam aktivitas online yang melibatkan melihat materi seksual secara eksplisit, berpartisipasi dalam diskusi tentang ide atau fantasi seksual, dan interaksi online dengan setidaknya satu orang dengan hasil bahwa Anda terangsang secara seksual. Masalah cyber cheating sebenarnya ada sekitar 60% orang yang tidak merasa interaksi virtual ini curang; mereka sangat yakin dan merasa bahwa mereka berkomitmen untuk hubungan monogami mereka. Apa sih Cyber Flirting ?? Memang Cyberspace dikaitkan dengan flirting tidak hanya dalam arti bahwa banyak urusan online mirip dengan menggoda, tetapi juga dalam arti bahwa internet sangat memfasilitasi proses flirting, khususnya di ruang obrolan. Orang-orang menarik ketika mereka santai, merasa baik, dan menikmati diri mereka sendiri.Kebanyakan orang berpikir bahwa Anda hanya dapat melakukan kecurangan jika