Langsung ke konten utama

Soft Skill Adalah...

Apa itu Soft skill?

Soft skill adalah suatu kemampuan, bakat, atau keterampilan yang ada di dalam diri setiap manusia. Soft skill adalah kemampuan yang dilakukan dengan cara non teknis, artinya tidak berbentuk atau tidak kelihatan wujudnya. Namun , soft skill ini dapat dikatakan sebagai keterampilan personal dan inter personal. Untuk memperolehnya Anda tidak serta merta harus mengikuti sebuah kelas pelatihan, tetapi melalui pengalaman disekolah, pengalaman hidup dan masa lalu, atau pengalaman dalam dunia kerja yang tengah dilakoni. Tentunya, softskill memiliki fungsi, yaitu:
·         Pembentukan Karakter Pribadi Seseorang.
·         Pelengkap Ilmu Hardskills.
·         Pembuka Wawasan Secara Meluas.
·         Sebagai Peningkat Daya Kritik.

Contoh softskill diantarnya adalah:
communication skills
seseorang dengan komunikasi yang baik mempunyai kemampuan dalam mengolah informasi baik lisan maupun tulisan secara akurat. Selain itu, mereka dengan keterampilan komunikasi mampu memberikan informasi sebaliknya secara tepat dan akurat dan dapat diterima serta dicerna dengan mudah oleh orang lain.
Team Player
Kemampuan anda bekerja dengan orang lain, saling mendukung dan saling memperkuat sehingga akan terjadi sinergi dan hasil maksimal. Mau bekerja sama dengan siapapun, mampu menjadi pemimpin dan sekaligus menjadi pengikut sebagaimana situasi yang ada. Berbagi tanggung jawab dengan anggota tim, dan menerima apresiasi saat sukses atau tanggung jawab saat gagal.
Flexibility & Adaptability
Kemampuan beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Lingkungan kerja saat ini atau baru. Reaksi dan respon anda terhadap sekitar menjadi poin penting dalam pengembangan karir dan diri anda.
Problem Solving & Critical Thinking
Kemampuan dalam menganalisa dan mengidentifikasi sebuah masalah serta memberikan berbagai kemungkinan penyelesaianya. Menggunakan nalar yang logis adalah kemampuan dalam problem solving, sehingga pendekatan masalah akan mudah terselesaikan secara efektif dan efisien.
Interpersonal Skills
Kemapuan dalam berhubungan baik kepada lawan bicara atau orang lain. Anda adalah seorang pendengar yang baik dan berbagi ide juga masukan. Sebagai seorang yang mempunyai skill, anda akan menjadi parter yang selalu  ada jika rekan kerja membutuhkan anda.

Apa itu Mitos?
Mitos (bahasa Yunani: μῦθος— mythos) atau mite (bahasa Belanda: mythe) adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya.
Contoh mitos yang masih dipercayai hingga sekarang adalah “Jangan keluar rumah saat Maghrib, nanti dibawa Wewe Gombel”. Mitos ini dimaksudkan agar kita segera masuk ke dalam rumah untuk menunaikan ibadah sholat magrib, dan istilah ‘wewe gombel’ dimaksudkan agar anak-anak takut untuk tidak keluar rumah karena hari menjelang malam dan tidak membantah perkataan orang tua.

Apa itu Legenda?
Legenda adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi yang ceritanya dihubungkan dengan tokoh sejarah, telah dibumbui dengan keajaiban, kesaktian, dan keistimewaan tokohnya.

Contoh dari legenda adalah Legenda Canti Prambanan. Singkat cerita Bandung Bondowoso dengan segala cara dapat memperistri Lara Jonggrang yang merupakan putri istana prambanan. Lara Jonggrang pun memberi syarat tertentu untuk dapat meminangnya. Yaitu membangun 1000 candi dalam waktu semalam. Bondowoso pun dibantu oleh para roh-roh dan jin-jinya untuk membangun candi-candi itu. Tapi, ia gagal dan sangat marah. Ia mengutuk putri dan para gadis disekita prambanan agar menjadi perawan tua dan Lara jonggrang dikutuk menjadi arca. Arca tersebut terdapat dalam ruang candi yang besar yang sampai sekarang dinamai candi Lara Jonggrang. Candi-candi yang ada di dekatnya disebut Candi Sewu yang artinya seribu.

Apa itu Cerita Rakyat?
Cerita rakyat adalah cerita yang berkembang dan hidup di kalangan masyarakat. Cerita rakyat berkembang secara turun-temurun dan disampaikan secara lisan. Pada umumnya, cerita rakyat bersifat anoni atau pengarangnnya tidak dikenal.

Contoh dari Cerita Rakyat Indonesia adalah Bawang Merah dan Bawang Putih. Singkat cerita, bawang merah memiliki saudara tiri yaitu bawang putih. Mereka memiliki sifat yang bertolak belakang. Bawang putih adalah seorang gadi baik hati dan rajin, sedangkan bawang merah adalah gadisah dan malas. Ibu bawang putih meninggal karena sakit dan disusul oleh ayahnya. Ibu dan saudari tirinya sangat jahat, sampai suatu ketika ia mencuci baju di sungai dan baju ibu tirinya hanyut. Ia tidak boleh pulang sampai menemukannya. Akhirnya baju itu ditemukan oleh nenek tua sebatang kara. Ia akan mengembalikan baju asalkan bawang putih menemani nenek tua selama seminggu. Dirumah nenek tua, bawang putih sangat rajin sampai ia diberi labu yang isinya emas. Saudari tirinya iri dan mengikuti perilaku bawang putih. Pada akhirnya bawang merah diberi labu oleh nenek tua itu tetapi bukan berisi emas melaikan ular berbisa.

Cerita Mitos dari daerah saya, adalah ‘Larangan menikah Laki-laki Sunda dengan Perempuan Jawa’. Jadi, Ibu saya pernah cerita tentang mitos ini. Katanya sih karena Nenek Moyang suku Jawa lebih tua daripada suku Jawa. Ya, percaya ga percaya yang seperti itu, tapi contoh nya emang terjadi di keluarga saya. Nih, Bude saya menikah dengan orang suku Sunda. Ya emang, awalnya rumah tangganya adem-ayem aja, tapi udah belasan tahun menikah, ‘cobaan’ baru muncul. Contohnya sering berantem, sampai pernah menggugat cerai istrinya, rezekinya seret, suaminya di pensiun-dinikan, terus anak-anaknya tidak tuntas lulus SMA karena hamil diluar nikah. Ya, ada aja gitu masalahnya. Dan masih ada beberapa cerita yang Ibu saya sering ceritakan.
Mengutip dari artikel di Internet, kemungkinan ada mitos seperti ini adalah kekecewaan Orang Sunda terhadap Orang Jawa pada saat Perang Bubat. Pada perang itu, Kerajaan Padjajaran merasa dihina dan ditipu oleh Kerajaan Majapahit, dan banyak orang dari Kerajaan Padjajaran yang mati terbunuh dalam perang itu termasuk pemimpin mereka. Selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa Orang Sunda merasa lebih terhormat karena leluhur mereka telah berkuasa lebih lama daripada Orang Jawa. Karena itulah banyak keluarga di Sunda yang melarang anaknya untuk jatuh cinta dan menikah dengan Orang Jawa, dan demikian pula sebaliknya. 

Mengutip dari:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ONLINE DATING / KENCAN ONLINE

ONLINE DATING Berteman dengan orang asing di media sosial adalah hal yang biasa. Tapi menemukan lebih dari “sekedar teman” atau mungkin jodoh adalah hal yang luar biasa. Aplikasi pertemanan seperti facebook, Friendster, wechat, dll, memungkinkan kita berteman dengan banyak orang secara maya. Terdapat banyak kisah nyata dibalik bertemu jodoh di media sosial, dan bahkan sampai menikah. Di kalangan pengguna media sosial, tidak jarang penasaran dengan “sosok” orang atau akun yang dijadikan teman chat, yang membuat mereka ingin bertemu secara langsung. Tapi, kita tahu bahwa tidak semua orang bisa dipercaya, dan semua foto atau identitas yang dipasang itu adalah real.  Menurut penelitian,pengguan aplikasi kencan online di Amerika menunjukkan 40% dari populasi orang Amerika menggunakan aplikasi tersebut, lebih dari separuh penggunanya didominasi oleh laki-laki dan biasanya pengguna perempuan lebih memilih untuk mencari parter yang serius daripada partner hanya untuk main-main.

Cyber Cheating & Cyber Flirting

Cyber Cheating & Cyber Flirting Apa sih Cyber ​​Cheating itu??? Cyber ​​Cheating adalah sebuah akivitas dimana seseorang ikut serta dalam aktivitas online yang melibatkan melihat materi seksual secara eksplisit, berpartisipasi dalam diskusi tentang ide atau fantasi seksual, dan interaksi online dengan setidaknya satu orang dengan hasil bahwa Anda terangsang secara seksual. Masalah cyber cheating sebenarnya ada sekitar 60% orang yang tidak merasa interaksi virtual ini curang; mereka sangat yakin dan merasa bahwa mereka berkomitmen untuk hubungan monogami mereka. Apa sih Cyber Flirting ?? Memang Cyberspace dikaitkan dengan flirting tidak hanya dalam arti bahwa banyak urusan online mirip dengan menggoda, tetapi juga dalam arti bahwa internet sangat memfasilitasi proses flirting, khususnya di ruang obrolan. Orang-orang menarik ketika mereka santai, merasa baik, dan menikmati diri mereka sendiri.Kebanyakan orang berpikir bahwa Anda hanya dapat melakukan kecurangan jika